Mode Gelap

Recent in Fashion

Best Seller Books

Mengatur Atau Mengganti Ikon Pelaksanaan Android Pada Android Studio.

Belajar Membuat Aplikasi Android Sederhana dengan Kotlin diAndroid Studio

Panduan ini ditujukan buat yang baru memulai pemrograman Android menggunakan bahasa Pemrograman Kotlin. Diharapkan telah memiliki dasar menurut bahasa pemrograman Kotlin. Jika masih belum ada dasar bahasa pemrograman Kotlin, bisa memulai belajar bahasa pemrograman Kotlin dalam kelas perdeo berikut ini https://s.id/MemulaiPemrogramandenganKotlin .

Dalam pedoman ini kita akan memeriksa tentang :Cara membuat & mengatur project baru dengan memakai Android Studio.Menambahkan assets berupa gambar ke dalam folder drawable.Mengatur icon aplikasi.Membuat layout memakai Constraint Layout.Membuat gambar berubah sesuai dengan nilai yang dipengaruhi menggunakan when expression pada bahasa pemrograman Kotlin.

Versi Android Studio yg akan digunakan pada panduanadalah versi tiga.lima.0 atau yg lebih tinggi. Diharapkan memakai versi yangsama misalnya dalam panduan buat meminimalisir error.Tampilan awal android studio# Tahap 3Mengatur atau Mengubah Ikon Aplikasi Android pada AndroidStudio.

Pada bagian ke tiga menurut panduan Belajar Membuat Aplikasi Android Sederhana menggunakan Kotlin di Android Studio kita akan mencoba bagaimana cara buat mengganti ikon aplikasi android agar sinkron dengan gambar yg kita inginkan. Ikon pelaksanaan pada android secara default mempunyai tampilan seperti ini

Tentunya kita ingin mempunyai aplikasi dengan personalisasi yangsesuai cita-cita kita khususnya bagian ikon pelaksanaan tersebut.

Untuk mengganti ikon dapat menggunakan galat satu fitur pada Android Studio yaitu Image Asset. Image Asset bisa diakses menggunakan cara klik kanan pada folder drawable kemudian pilih new -> Image Asset.

Yang belum mengetahui dimana letak folder drawable bisa membaca pulang panduan Belajar Membuat Aplikasi Android Sederhana dengan Kotlin di Android Studio bagian ke dua mengenai Menambahkan Assets Berupa Gambar ke Dalam Folder Drawable.

Setelah itu akan muncul Wizard Dialog berupa Asset Studio. Seperti dalam gambar berikut

Tampilan tersebut berisikan pengaturan default terhadap ikonyang terdapat dalam pelaksanaan kita. Kali ini kita tidak terdapat melakukan breakdownterhadap pengaturan apa saja yg ada di Asset Studio. Kita akan menggunakanpengaturan default ini tetapi hanya beberapa bagian saja yang akan kita ubah.

Pertama buat bagian Foreground Layer, Foreground Layer ini adalah gambar ikon ketua Robot Android (lihat Preview samping). Gambar tersebut nantinya akan sebagai bagian primer berdasarkan ikon aplikasi kita. Untuk mengubahnya kita dapat menuju dalam Source Asset & menentukan Asset Type buat sumber asset yg akan kita gunakan.

Terdapat tiga tipe aset yg bisa kita pakai, yaitu image,clip art, & text. Image adalah asal aset yg bisa kita gunakan berdasarkan koleksi gambar yang terdapat pada komputer kita, atau gambar yg telah kita siapkan buat ikon pelaksanaan kita. Image lebih fleksibel karena bukan ditetapkan oleh Android Studio akan tetapi kostumisasi oleh kita sendiri.Clip Art adalah asal aset yg asal dari koleksi gambar yg ada pada pada Android Studio.Text, Kita dapat menciptakan ikon kita berupa teks saja tanpa gambar.

Untuk pedoman ini kita akan memilih menggunakan Image. Selanjutnya buat mengubah gambar ikon kita klik ikon folder pada bagian path.

Lalu akan timbul obrolan Select Path, & selanjutnya klik pada ikon Android Studio.

Ikon tersebut akan mengarahkan kita ke project kita ketika ini. Lantaran kita akan menggunakan aset gambar dari folder drawable kita sendiri. Selanjutnya arahkan ke folder drawable dan pilih file xml yg akan dipakai. Seperti gambar berikut

Kemudian klik OK. Dan hasilnya akan misalnya berikut.

Gambar yg kita gunakan terlihat terlalu akbar. Sehingga dalam beberapa tampilan ikon gambar akan terpotong. Kita akan gunakan hidangan Scaling dan setting misalnya digambar ini buat optimasi berukuran gambar secara otomatis.

Selanjutnya kita akan mengubah background yg akan dipakai oleh ikon kita. Kita menuju tab Background Layer.

Pada Background Layer, source asset hanya terdapat 2 pilihanyaitu Color dan imageColor, kita dapat menggunakan warna solid buat background menurut ikon pelaksanaan kita.Image, kita bisa memakai gambar yg kita persiapkan buat background ikon pelaksanaan kita.

Pada panduan kali ini kita akan memakai Color buat background ikon pelaksanaan kita dengan cara kita kotak kode warna pada gambar berikut ini

Lalu akan muncul obrolan Select Color

Pada panduan ini kita akan memakai warna putih, namunjika pembaca ingin rona lain bisa mengaturnya dalam Color Wheel atau langsungmemasukkan kode rona.

Hasil akhir nya seperti pada gambar berikut

Kemudian klik Next & akan timbul dialog konfirmasi bahwa gambar ikon sebelumya akan ditimpa (override) dengan gambar yg telah kita setting tadi.

Dan selanjutnya kita klik Finish saja untuk konfirmasi.

Sekarang kita coba buat build (run) project kita ke device atau emulator android, dan kita akan menerima tampilan buat ikon baru yang sudah kita setting seperti ini.

Penjelasan lengkap tentang Asset Studio dan lain sebagainya dapat dibaca dalam https://developer.android.com/studio/write/image-asset-studio

Saya seseorang Android Developer sejak tahun2017.Menyukai pengembangan aplikasi Android secara Native memakai bahasa pemrograman Kotlin pada IDE Android Studio.

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Hidupku tertutup, terbukanya pas mandi aja."

Related Posts

0 Comment

Posting Komentar

Article Top Ads

Parallax Ads

Article Center Ads

Article Bottom Ads