Mode Gelap

Recent in Fashion

Best Seller Books

Membuat Aplikasi Android Studio Pertama - Androidays

Membuat Aplikasi Android Studio – Hello guys, sobat androidays.com yg semoga selalu sehat dan selalu dalam keberkahan dan lindungan Allah yg maha kuasa. Pada postingan sebelumnya kita telah membahas Cara Install Android Studio pada Windows. Nah, kali ini admin akan mulai membahas bagaimana menciptakan program atau aplikasi mobile android memakai Android Studio. Pada artikel yang berjudul “Membuat Aplikasi Android Studio Pertama” ini kita akan mecoba memulai bagaimana cara membuat aplikasi pada Android Studio. Tak perlu risi untuk mencobanya, karena bila teman-sahabat menyimak, membaca dan tahu langkah-langkah yg akan dijelaskan maka seluruh akan terasa sebagai lebih mudah. So Let’s begin.Membuat Aplikasi Android Studio

Sudah nir asing lagi bagi para pemula ketika pertama kali menciptakan program maka yg akan muncul merupakan kalimat “Hello Word“. Maka, untuk kali ini kita pun akan membuat pelaksanaan baru sampai dapat menjalankan pelaksanaan dalam device yang menampilkan 2 istilah tadi. Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut buat membuat project aplikasi android “Hello World“.1. Jalankan IDE Android Studio

Pertama, siapkan dulu Android Studio dengan membuka IDE Android Studio yang sudah terinstall(jangan lupa selalu update versinya yah). Pada tutorial kali ini admin memakai IDE Android Studio versi tiga.6.3 .

Klik Start a New Android Project buat menciptakan project baru dalam android studio.

tiga. Memilih tipe Activity Utama

Activity merupakan jendela loka aplikasi menggambar UI. Jendela tadi umumnya mengisi layar, tetapi mungkin lebih kecil menurut layar dan mengambang pada atas jendela lain. Umumnya, satu aktivitas menerapkan satu layar dalam aplikasi. Kita akan menentukan default activity primer yang akan kita gunakan. Pada kali ini kita pilih “Empty Activity” supaya kita mampu melihat syarat activity dalam posisi kosong & hanya text bertuliskan “Hello Word”.

Klik Empty Activity.4. Konfigurasi Project

Pada tampilan selanjutnya kita akan mengkonfigurasi project yg akan dibuat.

Name : isikan nama project anda Package name : isikan nama perusahaan atau pembuat aplikasi Save location : pilih lokasi penyimpanan arsip project aplikasi android Language : pilih bahasa pemrograman yang akan dipakai, Java atau Kotlin. Pada tutorial ini kita memakai Kotlin Minimum API level : tentukan API berapa yang akan digunakan. Pada kali ini kita akan menggunakan pilihan default. Kita sanggup menentukan API yg tidak sama jika kita akan menciptakan pelaksanaan yang memiliki tujuan bisnis tertentu.

Klik finish bila telah yakin menggunakan konfigurasi yg akan diterapkan.5. Sinkronisasi build dan proses Gradle

Setelah klik finish maka Android Studio akan menciptakan project dan akan terjadi proses build dan sinkronisasi project. Tunggu hingga proses terselesaikan dan umumnya proses berjalan dalam saat beberapa mnt.

6. Tampilan Workspace Android Studio

Setelah proses terselesaikan maka akan timbul otomatis kelas MainActivity.kt dan Layout activity_main.xml . Pada kelas MainActivity.kt ini pada nantinya kita akan menulis kode-kode buat menciptakan nalar & perintah kepada tampilan antar muka android.

Kelas MainActivity.kt muncul bersamaan menggunakan activity_main.xml. Ketika kita menciptakan activity baru, maka secara otomatis kelas akan memiliki satu partner layout xml. Pada layout .xml ini kita nantinya akan mengatur seluruh widget mulai dari menciptakan teks, tombol, gambar dan lainnya.

Setelah memastikan semua ter-create tanpa terdapat error kita bisa mencoba menjalankan project. Pada tutorial kali ini kita akan menjalankan pelaksanaan apa adanya, yaitu tidak mengedit (menambah atau pun menghapus kode di kelas MainActivity.kt atau pun Layout activity_main.xml) supaya aplikasi yang tampil pada device akan menampilkan tampilan “Hello Word”. Untuk menjalankan pelaksanaan kita bisa menggunakan Emulator bawaan Android Studio, Langsung ke smartphone (mode pengembang), Emulator Genymotion atau pun Emulator-emulator pihak ketiga lainnya.Di tutorial ini saya memakai smartphone untuk menjalankan project androidnya. Maka hasilnya :

Menjalankan Aplikasi melalui AVD

Android Studio memiliki tools Android Virtual Device (AVD) buat menjalankan pelaksanaan android yg akan kita build. Namun, sebelum menjalankan, kita wajibmenciptakan AVD tersebut. Berikut langkah-langkah menciptakan AVD hingga menjalankan AVD pada Android Studio.

Pertama klik sajian Tools, kemudian pilih AVD Manager, maka akan muncul tampilan berikut.

Klik “Create Virtual Device”.2. Pilih tipe AVD

Pilih kategori device & nama device yg akan digunakan. Kemudian klik Next.3. Pilih versi android device

Pilih versi Android yang akan digunakan. Klik Next.4. Verifikasi konfigurasi

langkah terakhir adalah pembuktian apakah konfigurasi AVD kita sudah sinkron kebutuhan atau asa kita. Jika sudah sesuai dan yakin maka klik Finish.5. Jalankan AVD

Pilih AVD yang akan dijadikan sasaran buat menjalankan pelaksanaan. Maka hasilnya :

Sekian pembahasan tentang artikel Membuat Aplikasi Android Studio Pertama, semoga tutorial ini bisa menambah ilmu dan dimanfaat dengan baik oleh sahabat-teman yg ingin belajar sebagai developer pemula android. Jangan lupa terus update artikel-artikel seru lainnya seputar global andreoid hanya di androidays.com. See you…

Salah satu founder Androidays.com yang saat ini bekerja menjadi programing dan penulis

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Hidupku tertutup, terbukanya pas mandi aja."

Related Posts

0 Comment

Posting Komentar

Article Top Ads

Parallax Ads

Article Center Ads

Article Bottom Ads