Mode Gelap

Recent in Fashion

Best Seller Books

Cara Gampang Membuat Crud Di Android Studio - Koding Indonesia

Tutorial ini telah diperbaruhi dalam lepas 6 juni 2017 dengan memperbaiki sintaks error yg terdapat di aplikasi.

Pada tutorial kali ini kita akan membuat pelaksanaan CRUD (Create, Read, Update, Delete) Android memakai database MySQL. Ini merupakan hal dasar yg sangat penting menurut aplikasi yang memiliki komunikasi dengan database.

Untuk tutorial kali ini engkau  yg ingin menciptakan pelaksanaan CRUD Android memakai Database MySQL setidaknya harus memiliki sedikit pemahaman pemrograman PHP & tahu konsep dari database, terutamanya MySQL. Bukan sebuah pekerjaan yang mudah buat memahami konsep komunikasi data antara pelaksanaan dengan database ini, terutama database MySQL dimana database itu sendiri terletak di Server bukan di perangkat Android itu sendiri.

Agar memudahkan kalian pada memahami pembuatan aplikasi ini kita akan membuatnya dengan sangat sederhana tanpa harus merubah atau membuat tampilan yg begitu rumit. Kita akan membuat menggunakan tampilan sederhana agar kalian terfokus dalam inti menurut pelaksanaan ini. Setelah kalian memahami konsep dasar atau cara kerja berdasarkan aplikasi ini maka kita akan mencoba merubah tampilannya sedikit lebih menarik dengan menambahkan efek Floating Action Bar atau yg lainnya. Tetapi pada tutorial kali ini kita hanya terfokus pada hal pada dasarnya tanpa mempedulikan tampilan (buat ketika ini). Agar nir lebih menambah kalian gundah menggunakan penjelasan lainnya, ayo kita eksklusif saja bahas bagaimana konsep pembuat dari pelaksanaan ini.

Untuk pembuatan pelaksanaan CRUD ini kita akan membagi pekerjaan menjadi 3 bagian, antara lain yaitu:Pembuatan database pada MySQL.Pembuatan File PHP.Pembuatan Project Android.

Hal tersebut kita lakukan agar memudahkan alur berpikir serta nir membingungkan lantaran telah kita atur alur pengerjaannya. Sebelum kita mulai mengerjakan projectnya kita perlu menentukan tema pelaksanaan yang akan kita bangun.

Disini kita akan membuat pelaksanaan dengan perkara data pegawai, oleh sebab itu ayo kita pribadi bahas pekerjaan tadi satu per satu.1.  Pembuatan Database MySQL

Pada tahap ini kalian sangat perlu memperhatikan penamaan menurut database, table, dan field yg kalian bangun. Sebelumnya bila kalian belum tahu konsep MySQL alangkah lebih baiknya jika mempelajarinya terlebih dahulu. Tidak wajibmempunyai kemampuan yang expert dalam hal MySQL, kalian hanya perlu memahami bagaiman cara menciptakan database, table, dan fieldnya. Serta sedikit tahu perintah SQL.

apabila kalian sudah tahu bagaimana menciptakan database di MySQL silahkan menciptakan database dengan nama db_android dengan nama table tb_pegawai & struktur tablenya sendiri seperti berikut:

Setelah kalian menciptakan databasenya mari kita lanjut kepekerjaan kedua yaitu pembuatan File PHP nya.2.  Pembuatan File PHP

Pembuatan file PHP disini dipakai sebagai web service buat parsing data pelaksanaan Android. Pada termin pembuatan File PHP ini, ada beberapa File yg wajibkita untuk, berikut adalah file php yg perlu kalian buat:

Pertama kita perlu untuk menciptakan koneksi menggunakan database, oleh karena itu kita buat file php dengan nama koneksi.php dan tulis programnya misalnya di bawah ini:

website: https://www.kodingindonesia.com/

Nama Database yang sudah dibentuk bernama "db_android"

apabila database yang kalian buat tidak sama menggunakan yang dibuat oleh penulis maka ganti nama database

sesuai menggunakan nama database yg kalian buat

//membuat koneksi menggunakan database

$con = mysqli_connect(HOST,USER,PASS,DB) or die('Unable to Connect');

?>

Setelah kita menciptakan koneksi dengan database. Selanjutnya kita untuk file buat memasukkan data atau Maka yuk kita buat file php dengan nama tambahPgw.php kemudian Copy Script di bawah ini:

website: https://www.kodingindonesia.com/

if($_SERVER['REQUEST_METHOD']=='POST')

$sql = "INSERT INTO tb_pegawai (nama,posisi,gajih) VALUES ('$name','$desg','$sal')";

echo 'Berhasil Menambahkan Pegawai';

echo 'Gagal Menambahkan Pegawai';

?>

Setelah kita menciptakan File buat memasukkan data atau Create. Maka selanjutnya kita perlu File PHP untuk bisa menampilkan daftar data pegawai yg terdapat pada database (READ), oleh karena itu ayo kita buat file php dengan nama tampilSemuaPgw.php & Copy Script di bawah ini:

website: https://www.kodingindonesia.com/

//Import File Koneksi Database

$sql = "SELECT * FROM tb_pegawai";

while($row = mysqli_fetch_array($r))

//Memasukkan Nama & ID kedalam Array Kosong yg sudah dibentuk

//Menampilkan Array pada Format JSON

echo json_encode(array('result'=>$result));

?>

Selain kita butuh buat menampilkan semua data pegawai kita jua perlu buat menampilkan detail pegawai yg kita pilih atau kita select (READ). Oleh sebab itu yuk kita buat file php dengan nama tampilPgw.php & Copy Script di bawah ini:

website: https://www.kodingindonesia.com/

//Mendapatkan Nilai Dari Variable ID Pegawai yg ingin ditampilkan

//Membuat SQL Query menggunakan pegawai yang ditentukan secara spesifik sinkron ID

$sql = "SELECT * FROM tb_pegawai WHERE id=$id";

//Memasukkan Hasil Kedalam Array

$row = mysqli_fetch_array($r);

//Menampilkan dalam format JSON

echo json_encode(array('result'=>$result));

?>

Sampai tahap ini kita sudah menciptakan file PHP buat Create, Reade. Selanjutnya ayo kita buat file php buat Update. Dalam perkara ini untuk Update data pegawai, maka mari kita untuk file php dengan nama updatePgw.php & Copy Script di bawah ini:

website: https://www.kodingindonesia.com/

if($_SERVER['REQUEST_METHOD']=='POST')

//MEndapatkan Nilai Dari Variable

//import arsip koneksi database

$sql = "UPDATE tb_pegawai SET nama = '$name', posisi = '$desg', gajih = '$sal' WHERE id = $id;";

echo 'Berhasil Update Data Pegawai';

echo 'Gagal Update Data Pegawai';

?>

Yang terakhir ayo kita buat arsip PHP buat Delete. Dalam kasus ini kita akan menciptakan file php untuk delete data pegawai, silahkan untuk arsip php menggunakan nama hapusPgw.php dan Copy Script di bawah ini:

website: https://www.kodingindonesia.com/

//Import File Koneksi Database

$sql = "DELETE FROM tb_pegawai WHERE id=$id;";

//Menghapus Nilai dalam Database

echo 'Berhasil Menghapus Pegawai';

echo 'Gagal Menghapus Pegawai';

?>

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Hidupku tertutup, terbukanya pas mandi aja."

Related Posts

0 Comment

Posting Komentar

Article Top Ads

Parallax Ads

Article Center Ads

Article Bottom Ads